Diterbitkan:
Kamis, 08-Ags-2013, 06:21 WIB

Dilihat:
607 kali

Ada Penganut Agama yang Jahat

foto gambar pembuka artikel Ada Penganut Agama yang Jahat

Ada saja yang beranggapan bahwa ada beberapa agama yang jahat. Ini yang patut untuk dikoreksi. Kalau memang kamu tak bisa menerima bahwa setiap agama baik karena mengajarkan kebaikan, maka kamu harus menerima bahwa ada penganut agama yang jahat.

 

Anggapan bahwa, "orang itu jahat karena agamanya jahat" harus dibuang jauh-jauh. Karena orang bisa jahat ya karena manusia punya sifat jahat, bukan karena perintah agama. Coba bayangkan kalau setiap agama mengajarkan kejahatan pada pemeluknya, wah bisa kacau dong kehidupan sosial kita? Agama itu kan mengajarkan kebaikan, untuk menyeimbangi kehidupan duniawi agar tercipta kondisi damai nan sentosa. Kamu setuju toh?

 

Lantas kenapa ada kejahatan macamnya penindasan, pelarangan ibadah, pembunuhan, dan hal-hal negatif lain yang mengatasnamakan agama? Itu sebab manusia adalah makhluk sosial dan kita mengenal yang disebut sebagai politik. Tidak saya jelaskan panjang lebar, namun ketika kita bereaksi terhadap suatu hal yang muncul di kehidupan sosial kita, itu sudah masuk ranah politik.

 

Bukan maksud saya politik itu jahat, melainkan politik itu tidak mudah untuk dikendalikan. Sebab, politik akan menghasilkan buah bernama kebijakan. Walau mengandung kata "bijak", kebijakan terkadang hanya memihak golongan tertentu saja. Yang seperti ini bisa terjadi mengatasnamakan banyak hal, termasuk di antaranya agama.