Diterbitkan:
Senin, 22-Jul-2013, 20:50 WIB

Dilihat:
590 kali

Aturan Baru Ada Setelah Muncul Persoalan

foto gambar pembuka artikel Aturan Baru Ada Setelah Muncul Persoalan

Inspirasi sambil ngendog di malam hari ini adalah management by accident. Apa itu? Gampangnya adalah peraturan yang baru ada setelah muncul persoalan. Khas Indonesia banget bukan?

 

Mari kita akui saja bahwa sebagian besar dari kita baru mentaati peraturan, baru menciptakan peraturan, setelah muncul masalah atau persoalan yang memaksa kita untuk segera berubah kalau tidak mau hidup kita tambah sengsara. Betul?

 

Apakah penyebab sebagian besar dari kita memiliki sifat ini? Setelah mencari inspirasi sambil ngendog, aku berakhir pada dua kesimpulan berikut.

 

 

 

Pertama adalah, sebagian dari kita itu kelewat kreatif. Gelas, nggak hanya bisa dipakai untuk minum tapi juga untuk pengganti gayung mandi. Bahkan gayung pun bisa dipakai untuk wadah menyantap mie instan.

 

Apa hubungannya? Hubungannya adalah kita tak punya aturan, tak punya pemahaman, suatu benda digunakan spesifik untuk hal-hal tertentu. Saking kreatifnya, kita menganggap kegunaan suatu benda tak sebatas kegunaan umum benda tersebut. Padahal siapa tahu, bila cara kita memanfaatkan suatu benda itu menyimpang dari kegunaan umumnya malah akan menimbulkan bencana

 

Yang seperti ini sering membuat kita mengeluh, "Kalau saja orang itu menggunakan benda ini sesuai kegunaan umumnya, kesemrawutan ini pasti nggak bakal terjadi!"  

 

 

 

Kedua,  sebagian besar dari kita melakukan sesuatu karena tidak ada larangannya. Betul! Kita patuh pada larangan. Terutama larangan yang mengancam jiwa kita dan kalau ada orang yang mengawasi. Selebihnya? Larangan kerap dilanggar. Iya kan?

 

Siapa yang melarang gelas bisa dipakai untuk gayung? Siapa yang melarang gayung dipakai untuk mangkuk? Nggak ada kan? Berarti boleh dong!

 

Hayooo, sering kan kita berpikir, "Udah nggak apa-apa. Kan nggak ada yang melarang?"

 

Padahal kita tahu kalau nyolong jambu dari pohon di halaman rumah orang itu terlarang dan memang nggak ada yang akan melarang karena pemilik rumah sedang pergi. Eh, agak nggak nyambung ini...

 

 

 

Oleh sebab itu, alasan pertama dan kedua "memaksa" kita untuk membuat aturan "harus ini" dan "nggak boleh itu" yang bakal amat-sangat panjang dan rinci. Inilah yang disebut management by accident.

 

Repot kan? Memang repot. Kenapa bisa repot? Alasannya mudah, sebab sebagian besar dari masyarakat kita itu tidak sadar diri. Sekian!