Diterbitkan:
Senin, 12-Ags-2013, 15:13 WIB

Dilihat:
779 kali

Mempertahankan Hidup dan Agama

foto gambar pembuka artikel Mempertahankan Hidup dan Agama

Hal yang utama dan yang paling utama yang dilakukan manusia yang anda temui detik ini adalah mempertahankan hidupnya. Bila tidak, hayooo... anda pasti akan melihatnya mengakhiri hidupnya di detik tersebut bukan?

 

Mempertahankan hidup bisa dengan bermacam-macam cara. Makan dan minum adalah yang paling utama. Sebab tak mungkin manusia bisa mencapai umur puluhan tahun tanpa pernah makan dan minum bukan?

 

Di prioritas berikutnya, cara mempertahankan hidup bisa bermacam-macam. Bisa dengan melindungi fisik dari pengaruh lingkungan (sandang dan papan). Bisa juga dengan memupuk bekal untuk esok hari (kekayaan).  

 

Lantas, di manakah prioritas agama/keyakinan berada?

 

Yang jelas, prioritas untuk agama/keyakinan ada saat manusia tersebut hidup. Yaitu, ketika manusia sudah berhasil mempertahankan hidupnya sampai detik anda membaca tulisan ini. Sebab, manusia menyembah Tuhan tatkala ia masih hidup. Betul kan?

 

Kesimpulan dari inspirasi sambil ngendog kali ini adalah, bila seseorang bertindak mengatasnamakan agama, pastikan dulu apakah ia sedang dalam usaha mempertahankan hidupnya atau tidak. Jangan-jangan, ia sebenarnya berusaha mempertahankan hidupnya bertabirkan alasan agama.