Diterbitkan:
Rabu, 19-Ags-2015, 08:38 WIB

Dilihat:
472 kali

Nggak Ahli Karena Kuliah

foto gambar pembuka artikel Nggak Ahli Karena Kuliah

Bahkan sampai masuk WC pun aku masih mikir masalah kerjaan. Suatu ketika, aku mikir kalau kerjaan jaman sekarang ini butuh dukungan ilmu-ilmu modern yang belum eksis pas jamanku kuliah dulu. Nggak bisa dipungkiri sih. Seiring dengan majunya peradaban manusia, tentu ilmu-ilmunya makin berkembang juga toh?

 

Kenapa aku menyinggung-nyinggung masalah “kuliah”? Mungkin karena dewasa ini, “kuliah” mendominasi syarat seseorang untuk bekerja dengan ilmu-ilmu modern itu. Padahal ya sebenarnya nggak juga.

 

 

 

Di jaman maju seperti sekarang ini, mencari ilmu itu tergolong mudah. Misalnya saja dari jagat maya atau forum diskusi. Sebetulnya semua ilmu bisa dipelajari di luar kegiatan perkuliahan. Selaras dengan ucapan kawanku yang jadi dosen,

 

“Dosen itu memotivasi mahasiswanya untuk belajar.”

 

Berarti sebetulnya mahasiswa itu harus menimba ilmunya sendiri kan? Bukan mahasiswa dapat ilmu semata-mata karena diajari oleh dosennya. Toh, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator. Perlu diingat, yang menjadi fasilitator itu pun tidak hanya dosen saja lho!

 

Jadi yang semestinya aktif bergerak untuk belajar kan mahasiswa. Bukankah demikian?

 

 

 

Tapi jangan malah berpikir kalau kuliah itu nggak ada gunanya. Imbalan nyata lulus kuliah kan gelar akademis. Entah mau dipakai untuk apa gelar akademis itu ya terserah sampeyan. Sedangkan kalau perkara ilmu, ya tadi itu, kan tidak mesti dipelajari saat perkuliahan.

 

Kalau aku ingat-ingat, kebanyakan materi kuliah (S1) hanya seputar dasar-dasar ilmunya saja. Jadi ya untuk lebih mendalami ilmu tersebut (ditambah lagi dengan update ke ilmu-ilmu modern) mahasiswa sendiri yang harus belajar keras toh? Lagi-lagi, nggak semata-mata mengandalkan ilmu dari dosen dan silabus perkuliahan.

 

 

 

Makanya itu, kuliah nggak menjamin seseorang jadi ahli alias jadi jago di bidang tertentu.

 

Yang bikin orang jadi ahli itu karena dirinya sendiri yang banyak belajar dan banyak latihan, dan itu jarang ditemui pada orang-orang yang baru lulus kuliah. :p