Diterbitkan:
Sabtu, 05-Jan-2013, 17:20 WIB

Dilihat:
1847 kali

Orang Minang Semuanya Beragama Islam?

foto gambar pembuka artikel Orang Minang Semuanya Beragama Islam?

Aku sih belum sempat nonton film Cinta Tapi Beda besutan Hanung Bramantyo, tapi denger-denger katanya film ini menuai kritik yang mayoritas disuarakan oleh suku Minang. Secara garis besar, mereka protes kalau orang Minang itu semuanya beragama Islam. Pasalnya, mas Hanung sedikit "menyetil" dengan menghadirkan tokoh utama seorang perempuan Minang beragama Katolik.

 

Nah lho!

 

Ternyata, nggak hanya perkara keimanan yang nggak bisa diganggu-gugat. Perkara suku juga sensitif untuk diganggu-gugat.

 

Walau, kalau dipikir-pikir sebenarnya logis kalau ada orang Minang yang beragama Katolik. Setidaknya, lebih logis daripada ada alien yang mengaku sebagai orang Minang. Ya toh?

 

Nah terus gimana kalau ada orang Minang yang beragama Katolik?

 

Mayoritas orang Minang pasti sepakat menyatakan bahwa orang tersebut bukan orang Minang, sebab orang Minang itu ya agamanya Islam.

 

Nah, kalau ada orang Minang yang terlahir dari kecil dengan agama Islam kemudian berpindah keyakinan gimana? Ya tetap! Orang Minang masih tetap memandang orang tersebut bukan lagi orang Minang.

 

Lha, tapi kan dari kecil dia dididik dan hidup dalam adat budaya Minangkabau, masak ya tidak boleh disebut orang Minang? Ya tetap, orang itu bukan orang Minang lagi! Silakan saja orang itu mengaku-aku sebagai orang Minang. Namun, orang Minang yang lain tetap menyatakan orang tersebut bukan lagi orang Minang.

 

Hwarakadah!

 

Dari kacamata orang awam, mohon maaf saja, orang Minang jadi terkesan tidak toleran. Padahal hal semacam ini mungkin saja terjadi, ya toh?

 

Yaaah, semoga saja, bila lantas ada yang berujar "kok gitu? padahal orang [nama suku lain] aja nggak begitu" tidak malah lantas ditimpali dengan kecaman "biarkan saja! ini kan adat dan budaya kami? mau protes!?".