Diterbitkan:
Rabu, 07-Ags-2013, 21:51 WIB

Dilihat:
903 kali

Seluruh Agama itu Memang Baik

foto gambar pembuka artikel Seluruh Agama itu Memang Baik

Sewotlah orang itu, "Mana bisa semua agama itu baik? Agama yang kita anut ini jelaslah yang paling baik! Kamu berniat mengingkari Tuhanmu hah?"

 

Dijawab saja dengan pelan, "Lha iya semua agama kan baik? Memangnya ada agama yang jahat? Yang ibadahnya bikin rusuh? Saling pukul-pukulan, ledek-ledekan, bunuh-bunuhan?"

 

Kalau aku perhatikan memang ibadah itu semuanya menciptakan keadaan serba damai. Mau di masjid kek, gereja, vihara, pura, atau sinagog sekalipun. Lha terus kok ada ibadah yang bersuara keras? Ah itu sebenarnya kan hanya menuruti nafsu manusianya saja. Lha kalau ibadah mesti bersuara, lha ya nggak adil buat saudara-saudara yang bisu toh?

 

Ingat, ini dalam konteks semua agama itu baik. Bukan maksudnya semua agama itu benar lho ya.

 

Nah, kalau yang diserukan itu kebenaran agama, ya ujung-ujungnya bisa bikin kisruh. Sebab kebenaran yang saya percayai belum tentu sama dengan kebenaran yang anda percayai. Ya toh?

 

Tapi kita semua sama, sama-sama mengakui kebaikan ya toh? Yang seperti ini bukan maksudnya untuk mencampur-adukkan agama, melainkan memahami bahwa yang baik itu ya baik. Bukan ini salah itu benar.

 

Ah, ngomong apa aku ini? Aku dan kamu juga pasti sama, sama-sama mau yang baik-baik kan? Ya, sudahlah.