Diterbitkan:
Kamis, 26-Jan-2017, 10:03 WIB

Dilihat:
132 kali

Takut Dimintai Pertanggungjawaban oleh Tuhan

foto gambar pembuka artikel Takut Dimintai Pertanggungjawaban oleh Tuhan

Salah satu jawaban yang terkesan ngawur terkait pertanyaan,

"Kenapa sepertinya orang kita sedikit banget yang menemukan sesuatu hal yang punya dampak besar pada dunia?"

adalah,

"Mungkin karena takut dimintai pertanggungjawaban oleh Tuhan?"

 

###

 

Mendengar jawaban yang seperti itu tentu tawa langsung pecah seketika. Ia pun melanjutkan, bahwasanya orang kita itu adalah orang-orang yang religius, yang mengaitkan segala sesuatu dengan Tuhan. Orang kita meyakini bahwa semua perbuatan manusia selama hidup di dunia kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Tuhan. Termasuk di antaranya adalah hasil penemuan yang dilakukan oleh manusia.

 

"Kamu punya handphone?", tanyanya

"Punya dong!"

"Kamu percaya bahwa handphone itu mengubah kehidupan manusia?"

"Oh jelas! Di zaman serba internet sekarang ini mau apa-apa jadi gampang pakai handphone."

 

"Tapi, kamu percaya juga nggak bahwa handphone itu juga memiliki dampak buruk?"

"Ya iyalah! Namanya juga benda yang dipakai manusia pasti bisa untuk hal baik dan hal buruk toh?"

"Nah itu! Kalau dihadapkan ke orang kita, mungkin orang kita nggak akan berani menciptakan penemuan handphone karena takut apabila nanti ada pengguna yang menyalahgunakan handphone ia bakal dimintai pertanggungjawaban oleh Tuhan di akhirat kelak."

 

"Misalnya gini.", ia meneguk teh hangatnya, "Handphone kan punya fitur SMS untuk berkirim pesan singkat. Tapi, fitur SMS itu bisa digunakan untuk menyebarkan SMS penipuan mama minta pulsa. Mungkin saja, kalau orang kita ada yang menciptakan penemuan handphone, di akhirat kelak dirinya bakal diinterogasi seperti ini oleh Tuhan: 'Jadi kamu yang menciptakan fitur SMS di handphone? Kamu sadar nggak kalau fitur SMS yang kamu ciptakan itu bisa disalahgunakan untuk mengirim SMS penipuan mama minta pulsa? Kenapa kamu tdak menciptakan fitur SMS yang hanya bisa berfungsi untuk mengirim pesan singkat yang baik saja?'"

"Lha? Itu bukannya yang salah si orang pelaku yang mengirim SMS penipuan mama minta pulsa?"

"Iya. Tapi dia kan nggak bakal bisa mengirim SMS penipuan seandainya fitur SMS di handphone fungsinya terbatas hanya untuk mengirim pesan singkat yang baik saja."

"Heee?"