Diterbitkan:
Sabtu, 07-Jun-2014, 08:50 WIB

Dilihat:
560 kali

Tidak Semudah Minta Uang ke Orangtua

foto gambar pembuka artikel Tidak Semudah Minta Uang ke Orangtua

Padahal kegiatannya baru dilaksanakan tahun depan. Entah jadi atau tidak, tapi anggaran sudah harus disusun di tahun ini.

 

Rekanan yang dipilih pun tak bisa asal. Minimal harus menyertakan dua pihak yang kemudian dipilih satu diantaranya. Alasan pemilihannya pun harus jelas. Yang seperti ini jelas untuk menghindari yang namanya kolusi.

 

Tantangan kedua, rencana anggaran dan realita pelaksanaan harus pas. Jelas tak ada yang mau merugi, maka dari itu anggaran selalu dilebihkan. Istilahnya, untuk jaga-jaga, siapa tahu ada biaya yang tak terduga.

 

Namun bila berlebih, sisa anggaran pun membawa petaka. Kalau sampai ada, rencana anggaran untuk kegiatan sejenis yang bakal dilangsungkan di kemudian hari akan dipotong. Alasannya masuk akal, "kalau dulu dengan anggaran segini ada sisa, mestinya di kemudian hari kalau anggarannya dikurangi kan tidak mengapa".

 

Ini tak semudah minta uang ke orangtua, yang selalu iba jika tahu anaknya hidup susah. Tak ada itu istilah, "kalau kurang tinggal nambah" macamnya makan di warung pinggir jalan. Aturan pertama, kalau minta uang hanya boleh sekali. Aturan kedua, penggunaannya mesti pas.

 

Bukan namanya manusia kalau tak bisa ngirit. Sepotong tempe pun bisa dibagi tiga untuk teman makan sehari tiga kali. Anggaran pun bisa diirit. Kalau tak bisa, pas di perencanaan harganya dimahalkan saja sehingga masih ada selisih yang bisa dimanfaatkan.

 

Jangan salah, para pemeriksa termasuk orang-orang jeli. Kalau sampai ketahuan ada anggaran yang tidak sesuai dengan realita di lapangan, sanksi bakal turun. Termasuk kalau ketahuan ngirit. Makanya itu, sekali lagi semuanya harus pas. Tidak boleh kurang, dan tidak boleh bersisa. Tentang gimana caranya, ah itu urusan kamu.

 

Pantas saja susah untuk tidak korupsi. Lebih mudah minta uang ke orangtua. Kalau kurang mereka iba. Kalau berlebih ya tidak usah bilang. Hwarakadah...